Hati-Hati ASN berkasus siap-siap hadapi Kemenkumham, Ombudsman dan BKN

Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Aceh menggandeng Ombudsman RI Perwakilan Aceh dan Kantor Regional 13 BKN Banda Aceh dalam menangani aduan pelanggaran yang dilakukan oleh oknum ASN. Kegiatan ini berlangsung di Café 3 in 1 Simpang BPKP Banda Aceh, Kamis 8 Agustus 2019, kegiatan ini berlangsung berkat adanya pengaduan salah seorang masyarakat yang kasusnya sudah hampir satu tahun tetapi belum ada kejelasan penyelesaiannya. Pengaduan ini di tangani oleh salah satu LBH di Banda Aceh dan dilayangkan kepada Ombudsman RI Perwakilan Aceh. Penanganan kasus yang berlarut-larut dan tidak adanya kepastian hukum, terkait pelanggaran yang dilakukan oleh salah seorang oknum ASN menjadi dasar kegiatan ini. Pendalaman kasus sudah dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Aceh secara langsung ke Instansi Pemerintah Daerah, dan telah ditemukan fakta fakta dan upaya penyelesaian.


Rekomendasi yang dihasilkan dalam pertemuan ini, nanti akan disampaikan secara tertulis kepada Pejabat Pembina Kepegawaian untuk dapat ditindaklanjuti terkait pokok permasalahan. Rendahnya penerapan penjatuhan hukuman Disiplin ASN berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS menjadi akar permasalahan dan pembiaran terhadap kasus ini, ke depan diharapkan atasan langsung dapat memberikan hukuman Disiplin terhadap PNS yang bermasalah sesuai dengan kewenangannya agar hukuman Disiplin PNS tidak jatuh kepada atasan langsung. Kegiatan ini menjadi awal kerjasama yang baik antara Kanwil. Kementerian Hukum dan Ham Banda Aceh, Ombudsman RI Perwakilan Banda Aceh dan Kantor Regional 13 BKN Banda Aceh dan akan terus berlanjut untuk menerapkan pengawasan terkait Norma Standar dan Prosedur. (dS)


Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
bknaceh
@bknaceh
https://aceh.bkn.go.id
5.5137455,95.3781329