Komitmen bersama dalam peningkatan Implementasi Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) Manajemen ASN

Kedeputian Pengawasan dan Pengendalian Badan Kepegawaian Negara dalam hal ini Direktorat Pengawasan dan Pengendalian II mengadakan Rapat Monitoring dan Evaluasi (Monev) Hasil Pengawasan dan Pengendalian Implementasi Norma Standar Prosedur dan Kriteria Manajemen ASN di hotel Hermes Banda Aceh pada tanggal 29-30 Maret 2022.

Adapun yang hadir dalam rapat Monev adalah Kepala BKPSDM dan pejabat pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh, dan dibuka secara daring oleh Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BKN, Otok Kuswandaru
Rapat ini diisi dengan pemaparan hasil pengisian Indeks NSPK yang telah dilakukan instansi daerah yang terdiri dari elemen pengadaan sampai dengan elemen pensiun.

Sebelum dibuka oleh Deputi Wasdal Kepala Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh, Ojak Murdani menyampaikan kata-kata selamat datang. Dalam sambutannya Ojak Murdani menyampaikan Instansi Pemerintah Daerah yang berada di wilayah kerja Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh ada 24 Instansi. Untuk itu diharapkan wejangan dari acara ini dapat menambah spirit dalam menjalan implementasi NSPK Manajemen ASN di masing-masing instansi yang telah hadir hari ini. Implementasi NSPK ini bukan semata-mata bertujuan untuk menjatuhkan hukuman disiplin terhadap pelanggaran, namun yang utama adalah pengawasan dan pengendalian sehingga dapat menerapkan “Early Warning” atau pencegahan dalam penyelenggaraan NSPK.

Dalam pengarahannya Deputi Wasdal, Otok Kuswandaru mengatakan sebagai salah satu unsur pemerintahan yang memiliki tugas pelayanan publik, dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan khususnya dibidang pengelolaan manajemen ASN harus berdasarkan NSPK yang sudah di tetapkan oleh aturan yang berlaku. BKN mengadakan pengawasan dan pengendalian NSPK berdasarkan amanat pasal 49 UU No. 5 Tahun 2014. Untuk itu, BKN berkomitmen membantu BKPSDM dalam implementasi NSPK. Komitmen ini tentu saja tidak semata2 untuk menemukan kesalahan, namun juga apabila ada kendala dalam implementasinya maka kami akan memberikan pembimbingan.

Tahun ini wasdal masih terus melakukan perbaikan dan pengembangan atas masukan bapak ibu sekalian. Perbaikan yang Wasdal lakukan di tahun ini adalah pengembangan aplikasi yang di sesuaikan dengan kebutuhan.

Beberapa hal yang ditemukan dlm implementasi NSPK:
1.Perencanaan kebutuhan. Masih ada beberapa instansi yang tidak memiliki rencana 5 tahunan. Namun instansi tsb tetap mendapat formasi. Ini tidak sejalan dengan PP 11 tahun 2007
2.Pengadaan ASN. Masih banyak instansi yg mengumumkan formasi yang tidak sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh kemenpanRB. Solusinya satu, yaitu mengintegrasikan seluruh proses
3.Elemen jabatan. Penghentian dan pemberhentian dalam jabatan tidak dengan usulan PyB. Yang mendapat mandat ada 2, yaitu PPK dan PYB (sekda). Diharapkan pelayanan kenaikan pangkat pilihan akibat promosi, dokumen usulan dari PyB harus dilampirkan.
4.Masih banyak ASN yg tidak mendapatkan kenaikan gaji berkala. Oleh karena itu kenaikan gaji berkala harus tepat 2 tahun sekali kecuali ada pelanggaran disiplin.

Di akhir acara diadakan penandatanganan komitmen Kepala BKPSDSM di wilayah kerja Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh untuk meningkatkan nilai Indeks Norma Standar Prosedur dan Kriteria Manajemen ASN.


Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
bknaceh
@bknaceh
https://aceh.bkn.go.id
5.5137455,95.3781329