Tes penerimaan calon praja Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN): Ketegangan keluarga Menyaksikan LIVE Peserta SKD Calon Praja IPDN bertarung

Sebanyak 1249 peserta mengikuti proses seleksi penerimaan calon praja Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2019 di ruang CAT Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh yang diadakan dari tanggal 24-28 Juni 2019. Pada tahun 2019 Provinsi Aceh mendapat kouta sebanyak 68 orang.Pelaksanaan test dilakukan oleh BKN bekerjasama dengan lembaga IPDN serta Badan Kepegawaian Aceh (BKA).

Sebelum melakukan registrasi para peserta mendapatkan pengarahan dari pihak IPDN yang juga alumni IPDN. Dalam pengarahannya pihak IPDN menjelaskan dan menggambarkan mengenai apa saja yang akan didapatkan apabila peserta sudah menjadi Taruna IPDN.


Setelah melakukan registrasi para pesertapun masuk ke ruang Ujian CAT Kanreg XIII BKN yang berada di lantai II, sebelum bertarung dengan soal para peserta mendapatkan kata-kata penyemangat dari CAT Kantor Regional XIII BKN Banda Aceh, Makmur, S.H.,M.Hum. Dalam arahannya, beliau menekankan bahwa tidak ada yang bisa menolong/membantu para peserta selain kemampuan diri peserta sendiri, dan jangan percaya kepada pihak yang menjanjikan kelulusan dalam Ujian CAT ini.


Kakanreg XIII juga menjelaskan bahwa melalui sistem seleksi berbasis elektronik atau dikenal dengan sistem CAT, nilai ujian akan terlihat pada saat peserta menekan tombol selesai ujian yang ada pada layar komputernya. Hasil ujian pun akan di tempel pada papan pengumuman Kanreg XIII BKN dalam rentang waktu maksimal 34 Menit setelah Tes (Perban BKN Nomor 8 Tahun 2018).


Materi yang diuji pada Ujian CAT BKN adalah mengenai kompetensi dasar yang meliputi, materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), test intelegensia umum (TIU) dan Test Karakteristik Pribadi (TKP).
Adapun batasan nilai kelulusan dari masing-masing materi berdasarkan PERMENPAN RB No.37 tahun 2018 terkait penilaian ambang batas seleksi kompetensi dasar menggunakan sistem CAT yang harus dicapai pada seleksi awal mencakup 75 poin untuk materi TWK, 80 point untuk materi TIU dan 143 point untuk materi TKP.

Ada yang menarik dalam setiap ujian CAT BKN, dimana para orang tua dan pengantar peserta ujian bisa melihat secara langsung pergerakan nilai para peserta lewat layar televisi yang telah disediakan di ruang tunggu.

Perasaan tegang dan bercampur baur dirasakan oleh orang tua yang menyaksikan pergerakan nilai lewat layar televisi, apalagi menit-menit terakhir dari waktu 90 menit yang ditentukan.

Kesan dan pesan dari orang tua setelah menyaksikan secara langsung sangat puas, dimana kita sebagai orang tua atau keluarga bisa langsung melihat anaknya bertarung dengan soal di dalam ruang ujian meskipun hanya pergerakan nilai lewat layar televisi.



Kisah Inspiratif

Spirit Sang Elang, Pesan untuk Pemimpin

Ada banyak sekali hal yang hilang begitu duduk di atas. Tawa ria yang bebas, hubungan tanpa jarak, manusia-manusia tulus yang datang tanpa kepentingan

Pejabat Moderat

Hai para rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan

Bosan Hidup

Baik, besok sore kamu akan mati. Ambillah botol obat ini. Setengah botol diminum malam ini, setengah botol lagi besok sore jam enam.

Produk

Badan Kepegawaian Negara Regional XIII Aceh Secara Terus Menerus Selalu Mengembangkan
Produk Untuk Menunjang Layanan Kepegawaian Yang Lebih Baik

Kantor Regional XIII BKN Aceh

Jl. Sultan Iskandar Muda Gp. Gani Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar 23371
Telp. (0651) 8071007 | Fax. (0651) 8071016
kanreg13.bkn@gmail.com
bknaceh
@bknaceh
https://aceh.bkn.go.id
5.5137455,95.3781329